Yuotuber Millenials Eksplore 46 Destinasi Lokal Untuk Ungkap Indahnya Perbedaan

“Misi yang saya bawa adalah bagaimana saya dapat memberikan pesan kepada penonton kalau berbeda itu indah.”

Perbedaan telah menjadi cirikhas dan kekayaan Indonesia. Namun, perbedaan ini tak jarang memicu terjadinya konflik di dalam negeri. Misalnya saja seperti konflik isu sara yang belum lama terjadi di Surabaya. Konflik tersebut pecah akibat ulah oknum tak bertanggungjawab.

Ya, konflik di Surabaya hanyalah satu dari beberapa konflik yang pernah terjadi karena latar belakang perbedaan. Banyak pihak yang menyayangkan ketika perbedaan ini justru memicu timbulnya konflik. Satu di antaranya yang prihatin dengan kondisi ini ialah Youtuber dari kalangan millenials, yakni Yohanes Kevin Hendrawan. Ia lantas menuangkan keresahaannya ini dalam video dokumenter bertajuk Ekspedisi Segaris (semangat generasi millenials).

“(Ekspedisi Segaris) di mulai dari keresahan saya di indonesia dengan masalah perbedaan,” tutur Kevin di Galeri Indonesia Kaya, Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2019).

Ekspedisi Segaris memiliki tujuan mengexplore Indonesia dalam perbedaan dan keragaman budaya yang indah. Kevin membuat video dokumenter sebanyak 23 serial. Video ini dipersembahkan untuk masyarakat, khususnya generasi millenials.”Misi yang saya bawa adalah bagaimana saya dapat memberikan pesan kepada penonton kalau berbeda itu indah,” ucapnya.

Kevin mencontohkan perbedaan yang diekspos soal makanan. Ternyata, kata dia, makan di Jawa dan di NTT berbeda, dimana di Jawa pisang sebagai makanan desert, kalo di NTT pisang goreng di cocol sambel jadi makanan utama. “itu adalah perbedaan disetiap daerah dan itu adalah Indonesia,” katanya.

Ekspedisi Segaris berhasil mendokumentasikan 46 destinasi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Projek ini telah memakan waktu selama 90 hari. Serial video dari Ekspedisi Segaris ini dapat disaksikan di channel Youtube Kevin (Kevin Hendrawan). Setiap episodenya ditayangkan seminggu sekali, tepatnya setiap Selasa pukul 18.30 WIB.

Youtuber dengan jumlah 1.65M subscribers ini, menegaskan kalau semua penggarapan konten dibuat secara natural. Dengan kata lain, video-video dalam Ekspedisi Segaris disajikan tanpa setingan drama.

“Dalam pembuatan video tidak ada unsur drama apapun, dan berjalan natural. Namun ada beberapa daerah yang perlu bintang tamu tambahan agar tidak monoton dan lebih variatif,” tutur Kevin.

Pria 27 tahun tersebut menyadari konsep seperti itu nampak melawan arus dari konten-konten viral di Youtube. Memang sejak awal tujuan dari Ekspedisi Segaris ini bukan sekedar menghasilkan video viral. Melainkan, pembuatan konten tersebut lebih ingin mengedepankan nilai-nilai positif serta mendidik untuk warga net yang menyaksikannya.

Sebagai pelengkap, Kevin telah mengunggah video Ekspedisi Segaris sebanyak 17 episode. Untuk yang penasaran gimana konten tersebut, kepoin aja langsung channel Youtube Kevin Hendrawan. Kalau yang gak mau ribet nyari channelnya, kalian bisa klik 5 episode awal Ekspedisi Segaris di bawah ini:

Episode 1  Episode 2  Episode 3  Episode 4 Episode 5

Rizky

3 Comments
  1. 바카라주소 says

    In this video and this article , I do just that.

  2. depo qq says

    Very nice article, just what I wanted to find.

  3. Situs Poker Online says

    Awesome article.

Leave A Reply

Your email address will not be published.