Yang Fana Adalah Kita, Egoismu Abadi!

Ilustrasi (Dok. Arteri News)
474

“Kamu egois banget sih!” Hayo siapa dong yang pernah ngomong kaya gini ke pasangannya? Gimana sih perasaannya kalau dapat pacar yang egois? Jengkel? Atau disabarin aja? Nah, kalo gitu siap-siap kita bakal bahas tentang egoisme di dalam hubungan lebih jauh lagi, yuk!!!

Kalau menurut Wikipedia, egoisme itu merupakan motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang hanya menguntungkan diri sendiri. Egoisme berarti menempatkan diri di tengah satu tujuan serta tidak peduli dengan penderitaan orang lain, termasuk yang dicintainya atau yang dianggap sebagai teman dekat.

Nah, terus gimana tuh contohnya kalau di dalam hubungan? Menurut ArteriNews sifat egois yang bisa muncul di dalam hubungan bisa dibilang bermacam-macam bentuknya. Beberapa contohnya itu ketika pasangan terus-terusan mikirin dirinya sendiri, tanpa dia tau kita nyaman atau nggak dengan sikapnya itu, dan juga ada saja yang kurang aware sama hari-hari pasangannya, mau nya diaaaaa terus yang ceritain hari-harinya tanpa kasih kesempatan pasangannya buat sharing juga. Nah, ada contoh sikap egois pasangan kalian yang lain nggak nih?

Egoisme ini umumnya akan selalu ada di setiap hubungan ya, karena manusia itu terkadang memang suka larut dalam hasrat kesenangannya tersendiri. Tapi, kalau sampai egois ini dilakukan berulang kali hubunganmu bisa masuk ke dalam hubungan yang ngga sehat. Ngga mau kan ngejalanin toxic relationship dengan orang yang kamu cinta?

Ilustrasi (Dok. Arteri News)

Nah, kalau kalian merasa si dia sudah terlalu egois sebaiknya segera mendiskusikan hal ini ke pasangan. Tegur ia secara baik-baik, lebih baik secara langsung. Karena, komunikasi merupakan hal paling krusial di dalam hubungan, kalau komunikasimu buruk dengan pasangan imbasnya bisa ke hubungan kamu juga. Kalian juga bisa menanyakan beberapa hal soal alasan mengapa ia bersikap seperti itu, mungkin ada hal-hal yang nggak kalian tau kenapa dia bisa begitu egois terhadap dirimu. Kalian harus bisa memposisikan diri untuk melihat masalah dari sudut pandang yang lain, jangan sampai dibutakan oleh masalah yang ada di dalam hubungan yah!!

Oh iya, jangan keliru ya antara egois dan menyayangi diri sendiri. maknanya sih memang beda, namun implementasinya terasa mirip-mirip sedikit yakan hahaha. Egois itu Cuma mau menang sendiri, ngga peduli itu memang hal yang baik atau buruk untuk diri kalian atau pasangan kalian, sementara menyayangi diri sendiri itu paham kalau apa yang kalian putuskan itu tidak merugikan siapapun dan merupakan hal yang paling baik.

Nah, gimana? Udah paham belum soal egoisme di dalam hubungan itu sendiri? Udah dong pastinya. Nah, kalo gitu kalian pasti juga sudah bisa dong mengatasi kalau kalian mengalami keegoisan pasangan. Yang penting kuncinya berani dan tegas sama pasangan, hubungan itu melebur jadi satu, saling menyayangi dan menjaga, jadi sudah semestinya keegoisan itu harus dihilangkan atau mungkin dihindari di dalam hubungan kalian. Cheerio!!

(Sarah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.