Ragam Kelakuan Unik Penumpang KRL di Dalam Gerbong

Kereta Commuter Line atau yang dikenal KRL, kini jadi moda transportasi favorit sebagian orang. Murahnya harga tiket dan bebas macet, membuat kereta listrik ini banyak diminati berbagai kalangan, khususnya yang berkerja di Jakarta.

Selain itu, kendaraan umum tersebut juga telah dilengkapi berbagai fasilitas. Di antaranya, AC, gerbon wanita, hingga bangku untuk ibu hamil, lansia, dan penyandang disabilitas. Di luar fasilitas, keuntungan lainnya naik KRL, ialah bebas pengamen.

(Istimewa)

Perbaikan fasilitas dan didukung murahnya harga tiket, telah memicu banyak orang naik KRL. Bahkan saat di jam sibuk, pagi dan sore hari, kepadatan penumpang tak terbendung. Akibatnya banyak orang yang terpaksa berdiri dan desak-desakan di dalam gerbong KRL.

Apa daya, penumpang yang berada dalam posisi itu hanya bisa pasrah. Mereka memang sengaja memilih keadaan tak nyaman tersebut karena dikejar waktu. Khususnya kalangan pekerja, mereka bisa saja terlambat tiba di kantor bila menunggu kereta selanjutnya. Karena itu banyak orang tak peduli berdesak-desakan dan berdiri dalam gerbong.

(Istimewa)

Kondisi inilah yang jadi kekurangan di KRL, terutama pada jam sibuk. Sayangnya, PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) sebagai penganggungjawab KRL, juga belum dapat memunculkan solusi untuk membenahi keadaan.

Ya, terlepas dari persoalan itu. Ada yang menarik dari kepadatan penumpang di gerbong KRL. Hal itu ialah kelakuan para penumpang kereta dalam situasi berdesak-desakan. Berdasarkan pantauan Tim Arteri News, beberapa penumpang justru berkelakuan unik. Berikut kelakuan unik penumpang KRL:

Menonton Drama Korea

Yang kayak gini, biasanya fans K-Pop nih. Mereka dapat ditemukan dalam gerbong khusus wanita. Walaupun di gerbong biasa juga ada. Ciri-cirinya itu, mba-mba pakai headset, tangan kanan megang gawai atau gadget, tangan kiri gelantungan sebagai penyeimbang (kadang gantian posisi tangan biar nggak pegel). Gak peduli dah didorong sana-sini, yang penting mah OPPAAA, SARANGHAE!!!

Si Kepo

Gak paham sama penumpang tipe ini. Biasanya sih, mereka suka melirik dengan jelas ketika penumpang di sebelahnya lagi chatting di handphone. Ingin tahu urusan orang saja.

Pura-Pura Tidur

Nah ini yang paling banyak ditemuin di kereta commuter line. Yang kayak gini ada dua tipe, pertama, dia emang capek dan ngatuk berat abis kerja. Yang kedua, pura-pura tidur biar gak disuruh bangun kalau ada ibu-ibu hamil, manula, atau yang bawa bayi. Ciri-cirinya, ini orang biasanya merem.

Main Game 

Selain nonton film, ada juga penumpang yang sempat-sempatnya bermain game dalam gerbong. Penumpang yang kaya gini juga gak peduli dengan goyang-goyangan kereta. Yang penting itu “Victori”.

Buka Tutup HP

Biasanya yang begini nih ada dua tipe. Pertama, dia emang banyak yang nge-chat dan banyak notifikasi yang masuk ke medsos-nya (selebgram kali ah). Yang kedua, dia buka tutup medsos dan aplikasi chatting karena berharap ada notifikasi yang masuk (dalam arti: sepi hapenya, cari-cari kesibukan aja gitu). Ciri-cirinya, ini orang nunduk mulu nih.

Ok, itu dia beberapa jenis kelakuakn penumpang commuter line berdasarkan penelusuran redaksi Arteri News beberapa hari ini. So, gimana nih guys menurut kalian?

PRITY

Leave A Reply

Your email address will not be published.