Penarikan RUU Permusikan dari Prolegnas Prioritas Disambut Positif

1.251

Dewan Perwakilan Rakyat dan Pemerintah sepakat untuk menarik Rancangan Undang-Undang Permusikan dari daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas 2019. Anggota Komisi X DPR sekaligus inisiator RUU Permusikan, Anang Hermansyah, menyambut positif langkah tersebut.

Menurutnya, penarikan RUU ini sejalan dengan aspirasi dari stakeholder musik di Indonesia. Anang sendiri telah mengirim surat agar RUU ini ditarik dari Prolegnas pada 6 Maret 2019.

“Saya menyambut positif atas kesepakatan Baleg DPR dan Pemerintah untuk menarik RUU Permusikan dari daftar Prolegnas,” ujar Anang di sela-sela kunjungan di Kanada, Selasa (18/6/2019).

Anggota DPR Komisi X Anang Hermansyah (Istimewa)

Anang menuturkan, dalam surat tersebut ia menyampaikan dua poin alasan penarikan RUU Permusikan. Pertama karena tanggapan dan masukan dari komunitas musik di tanah air terhadap sejumlah substansi materi RUU. Yang kedua, terkait rencana musyawarah besar (mubes) stakeholder musik di Indonesia.

“Disepakati akan digelar Mubes stakehloder musik di Indonesia untuk mencari titik temu atas persoalan yang muncul di sektor musik kita,” kata Anang.

Ia juga menjelaskan, usulan RUU Permusikan merupakan aspirasi yang muncul dari stakeholder musik untuk menjawab berbagai persoalan dari hulu hingga hilir yang terjadi di sektor musik. “Namun, dalam perjalannnya terdapat substansi materi RUU yang keluar dari khitah musik khususnya terkait dengan kebebasan berekspresi dan berkarya. Tak ada jalan lain, RUU ini harus ditarik,” cetus Anang.

Musisi asal Jember ini berharap, rencana pertemuan stakeholder musik di Indonesia melalui Musyawarah Besar (Mubes) ekosistem musik dapat segera terselenggara guna merespons persoalan yang terjadi di sektor musik di Indonesia. “Karut marut di sektor musik harus direspons secara komprehensif oleh stakeholder musik di tanah air. Bentuknya penyikapannya seperti apa, mari kita rembug bersama melalui musyawarah,” tandas Anang.

Penulis: Hadi

2 Comments
  1. Thank you for every other informative blog. Where else could I am getting that kind of info written in such an ideal means?

    I’ve a challenge that I’m simply now operating on,
    and I’ve been at the look out for such info.

  2. cheap jerseys online says

    No matter if some one searches for his essential thing,
    so he/she needs to be available that in detail, so that thing
    is maintained over here.cheap jerseys onlinehttp://north-country-book-club-forum.89506.x6.nabble.com/Cooper-Cronk-glenohumeral-joint-damage-verdict-td613.htmlhttp://jerseysstlouisrams.mihanblog.com/post/56

Leave A Reply

Your email address will not be published.