Pecinta Alam USNI Ajak Masyarakat Bersepeda Melawan Polusi dan Macet

79

Mahasiswa Pecinta Alam Yadika (Mapadika) mengadakan kegiatan fun bike dengan tema “Bersepada Melawan Polusi” pada Minggu (25/8/2019). Tujuan kegiatan ini, ialah mengajak masyarakat mengurangi polusi dan kemacetan dengan beraktifitas menggunakan sepeda sebagai kendaraan alternatif ramah lingkungan.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi pecinta alam Universitas Satya Negara Indonesia (USNI) ini  disambut antusias oleh masyarakat. Ratusan orang datang untuk ikut mengoes pedal sepedanya dengan rute yang dimulai dari Kampus USNI–Pondok Indah–Radio Dalam–Taman Barito dan berakhir di titik awal.

Peserta Kegiatan Bersepeda “Melawan Polusi dan Kemacetan” bersiap melakukan star di Kampus USNI, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu (25/8/2019). (Dok. Istimewa).

Tak hanya bersepeda, peserta yang hadir juga diajak untuk berdiskusi mengenai serunya beraktifitas menggunakan kendaraan alternatif tersebut. Sesi diskusi diisi oleh tiga narasumber, yakni Ketua Bike To Work Poetoet Soedarjanto, Direktur Utama Eksekutif Wahli Jakarta Tubagus Soleh Ahmadi, Ketua Road Safety Association Indonesia Ivan Viranda.

Ketua Acara Bersepeda Melawan Polusi, Aji Imam Syahid, mengungkapkan dengan bersepeda masyarakat telah ikut membantu mengurangi polusi dan ikut andil mengatasi kemacetan. Untuk menarik minat masyarakat, pihak penyelenggara juga menyiapkan doorprize berupa sepeda Polygon Monarch.

“Polusi dan kemacetan adalah hal yang sulit dihindari dari dulu sampai sekarang, Mapadika mengajak masyarakat untuk bersepeda bersama yang akan menjadi awal yang diyakini dapat mengurangi polusi dan kemacetan yang terjadi,” ucap Aji di sela-sela acara.

Para peserta berkumpul kembali di Kampus USNI setelah bersepeda dengan rute Kampus USNI-Pondok Indah-Radio Dalam-Taman Barito, pada Minggu (25/8/2019). (Dok. Istimewa).

Untuk diketahui, kegiatan ini merupakan program kerja dari Mapadika. Kegiatan yang mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan seperti ini sebenarnya pernah diselenggarakan secara rutin beberapa tahun yang lalu. Kata Ketua Umum Mapadika, Andri Dwi Nanto, berharap semoga kegiatan fun bike ini dapat memberikan dampak yang besar.

“Tahun 1995 kegiatan ini sudah ada, kita kembangkan kembali bersama teman-teman Mapadika untuk melakukan kegiatan bersepeda bersama sebagai bentuk perlawanan melawan polusi dan kemacetan,” ungkap Andri.

Selain mengajak masyarakat untuk melawan polusi dan kemacetan, acara ini juga bertujuan memperkenalkan Mapadika, terlebih memperkenalkan divisi baru dari organisasi mahasiswa pecinta alam dari USNI ini, yaitu divis cycle.

Setya

Leave A Reply

Your email address will not be published.