Mimpi Pemukul Drum

Suara hentakan drum terdengar dari salah satu ruangan di Sekolah Musik Shaffer. Hal tersebut menarik perhatian seorang Konduktor musik, Terrence Flecther. Insting musiknya, membawa Flecther untuk mencari tahu siapa seseorang dibalik suara hentakan tersebut. Ia pun berhasil menemukan seseorang itu, ternyata dia adalah Andrew Neiman, siswa tingkat awal di sekolah tersebut.

Flecther yang sedang mencari seorang penabuh drum untuk grup musik inti orchestra Shaffer, seperti tertarik dengan permainan Neiman. Ketika dia memberi instruksi pada Neiman untuk memainkan beberapa trick permainan Jazz, Neiman langsung bersemangat dan mengikuti instruksinya. Namun, ternyata hal itu tidak terlalu membuat Flecther puas dan dia langsung pergi meninggalkan Neiman. Mengetahui hal tersebut, Neiman terlihat kecewa, padahal itu merupakan salah satu kesempatan untuk mewujudkan mimpinya.

Sejak kecil, Neiman memang memiliki impian untuk menjadi seorang penabuh drum Jazz hebat seperti idolanya, Charlie Parker dan Buddy Rich. Kesempatan untuk menggapai impian tersebut ternyata belum sirna. Di waktu yang berbeda, Neiman kembali berjumpa dengan Flecther. Saat itu, Neiman sedang latihan bersama grup orchestra amatir Shaffer. Tiba-tiba, Flecther datang dan memberi “ujian” kepada masing-masing personil dalam grup tersebut.

(istimewa)

Neiman yang sebelumnya sudah merasakan “ujian” tersebut, tak ingin kembali gagal. Setelah semua selesai, Flecther memanggil Neiman dan menyuruhnya datang ke tempat latihan grup musik orchestra inti Shaffer untuk menjadi asisten penabuh drum yang sudah ada sebelumnya. Neiman terkejut dan tak menyangka bisa masuk ke dalam grup tersebut. Baginya, ini adalah sebuah awal dari perjalanannya menjadi penabuh drum Jazz hebat.

Di hari pertamanya latihan bersama grup musik orchestra inti Shaffer, Neiman langsung mendapat tekanan yang luar biasa dari Flecther. Bahkan, Flecther sampai melempar kursi ke arah Neiman ketika sedang memainkan sebuah lagu. Flecther memang dikenal sebagai Konduktor Musik yang keras, apabila ada nada atau tempo yang tak sesuai dengan arahannya, dia akan marah. Bahkan, dia juga tak segan mengeluarkan kata-kata kasar pada anak-anak didiknya. Namun, hal itu nyatanya tak membuat Neiman putus asa, dia terus berlatih setiap hari dengan sangat keras.

(istimewa)

Disela-sela perjalanan karirnya, Neiman bertemu dengan seorang perempuan bernama Nicole yang membuatnya jatuh hati. Kehadiran Nicole, menambah bumbu dalam kehidupan Neiman yang selama ini hanya dihiasi oleh musik. Perjuangan Neiman dalam menggapai mimpinya inilah yang menjadi garis besar cerita dari film “Whiplash”.

Film garapan Damien Chazelle yang telah dirilis pada 2014 ini, memberi pesan yang dalam soal perjuangan seseorang dalam meraih mimpinya dalam hal apapun. Film yang dibintangi oleh Miles Teller, J. K. Simmons dan Paul Reiser ini, mengajarkan manusia agar mampu memotivasi dirinya sendiri karena terkadang, kita tak bisa terus bergantung dengan orang lain.

Lalu, Berhasil kah Neiman menggapai mimpinya? Masalah apa lagi yang akan dihadapinya? Mampukah dia melewatinya? Dan bagaimana kisah percintaannya? Langsung saja simak, “Whiplash”.

Randy

Leave A Reply

Your email address will not be published.