Mata Kamu Sering Kedutan? Yuk Cek Penyebabnya

512

Pergerakan kelopak mata secara berulang-ulang atau lebih sering disebut kedutan, dianggap sebagai pertanda kalau kamu akan mendapat rezeki. Konon, ada juga yang mengatakan bawa itu adalah tanda bahwa kamu sedang dirindukan seseorang. Faktanya, tidak demikian. Kedutan merupakan tanda bahwa tubuhmu sedang tidak baik-baik saja.

Lalu, apa sih penyebabnya?

Kekurangan Nutrisi

Kurangnya asupan vitamin B6, B12, D, dan sejumlah mineral dapat membuat otot-otot berkedut secara tidak terkendali terutama di kelopak mata, lengan, dan betis. Selain itu, kekurangan Magnesium dan Kalium juga dapat menyebabkan kedutan. Mineral ini berperan penting pada kesehatan otot dan saraf.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

Kafein identik dengan kopi, namun jangan salah sangka, ternyata teh, soda, dan minuman berenergi juga mengandung kafein yang apabila dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan otot tubuh mengejang.

Stres dan Kurang Tidur

Stres karena terlalu banyak pikiran dapat membuat pola tidur kamu terganggu. Sering kali, mata yang baru terlelap tengah malam, harus dipaksa bangun untuk bekerja di pagi hari. Keadaan mata seperti inilah yang dapat menyebabkan kedutan.

Alergi

 

Peneliti percaya bahwa histamine yang dilepaskan akan membuat area sekitar mata gatal. Keadaan mata gatal ini biasanya membuat orang akan menggosok mata secara terus-menerus sehingga dapat memicu mata kedutan.

 Masalah Medis

Bell’s Pallsy, Kondisi ini menyebabkan kelumpuhan sementara pada otot-otot di wajah. Salah satu gejalanya adalah kedutan, baik di bagian mata, alis, dan bibir.

Dystonia, Kondisi yang mengacu pada kejang otot tidak terkendali menyebabkan otot bergerak melambat. Biasanya kondisi ini terjadi pada orang yang memiliki penyakit Parkinson, radang otak, aneurisma otak, atau ensefalopati.

Multiple Sclerosis, Penyakit ini memengaruhi otak dan sumsum tulang belakang. Selain gangguan bicara, kelelahan tubuh ekstrem, kesulitan untuk mengingat, penyakit ini juga menjadi penyebab kedutan di alis sering terjadi.

Satu-satunya cara paling ampuh untuk mengatasi kedutan  adalah dengan istirahat yang cukup dan menjaga asupan nutrisi sehari-hari. Akan tetapi, apabila kedutan terjadi secara terus-menerus di tempat yang sama, segera pergi ke dokter dan lakukan pemeriksaan.

Jika hal tersebut dibiarkan begitu saja, maka dapat memicu beragam penyakit serius seperti  ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis), penyakit autoimun, distrofi otot, ginjal, dan neuropati. So, jangan pernah sepelekan masalah kecil, bisa jadi masalah kecil itu adalah awal untuk suatu masalah yang lebih besar.

Penulis : Randy Fauzi

Leave A Reply

Your email address will not be published.