Iklan-Iklan Jaman Dulu, Pasti Gak Nyangka Sama Yang Terakhir

205

Bentuk media iklan untuk memprosikan sesuatu produk, banyak ragamnya. Ada yang bentuk fisik seperti selembaran, flayer, hingga baliho. Ada juga yang berbentuk digital, mulai dari video, gif, dan lainnya.

Selain media iklannya yang banyak ragam, isi iklannya juga lebih inovatif atau lebih kekinian. Ya, semua kemajuan itu memang tak lepas dari berkembangnya teknologi saat ini. Alhasil, iklan bentuk apapun bisa dibuat.

Tapi pernah ngebayangin gak, gimana untuk bentuk iklan dan isinya pada jaman dulu? Kira-kira seperti apa yah? Hem, dari pada cape-cape berkhayal, mending tengok aja nih iklan-iklan jaman dulu di bawah ini:

Tapi gimana untuk iklan-iklan produk pada jaman dulu. Terlebih soal isi materi iklannya sendiri. Apa lebih keren atau mungkin sebaliknya? Hem, dari pada asal tebak, mending tengok aja nih guys iklan-iklan jaman dulu di bawah ini:

1. Iklan Rokok Tembakau

(istimewa)

Kenapa posisinya harus berjongkok ya? Apa mungkin bisa lebih nikmatin rokoknya kalau sambil jongkok ya, guys?

2. Botol Cebok

(istimewa)

Hah? Kok namanya agak lucu ya, guys? Botol cebok itu apaan sih memangnya? Botol cebok sendiri sebenarnya adalah botol berisi air yang digunakan untuk membilas setelah buang air besar. Konon katanya, memang pernah ada masa dimana ada aturan kota yang menyebutkan tinja nggak boleh dibuang ke kanal atau sungai sebelum jam 9 malam. Nah, tapi ada juga yang bilang botol cebok ini digunakan oleh orang-orang Indonesia yang tinggal di Belanda waktu dulu. Karena umumnya kebiasaan warga eropa yang kalau sehabis buang air besar hanya membersihkannya dengan tissue, maka orang-orang Indonesia ini pun menggunakan botol cebok ini karena harus membersihkan tinja dengan air yang cukup banyak dan setelah itu baru dilap dengan tissue. Kalian pernah pakai botol cebok ini nggak, guys?

3. Pomade

(istimewa)

Siapa aja sih yang sampai sekarang masih suka pakai pomade supaya rambutnya tetap rapi? Nah, say hello buat Erasmic Brilliantine ini! Ini nih pomade khas jaman dulu yang ngeklaim kalau bisa bikin rambut pria-pria selalu rapi dari pagi hingga malam hari lho! Gimana, jadi kepingin coba nggak?

4. Shampoo

(istimewa)

Shampoo favorit siapa ya ini? Ternyata, Sunsilk ini udah ada dari jaman dulu lho! Dan, lihat deh bentuk botolnya, lucu ya. Katanya, waktu dulu botol shampoo dan botol kecap itu ukurannya nggak beda jauh lho!

5. Deodorant

(istimewa)

Wah, rexona ternyata cukup tua juga ya. Ternyata cara ngegunain rexona jaman dulu keliatan asik gitu ya guys, jadi kayak pakai parfum. Eh, tapi sekarang ada lagi kan deodorant semprot kaya rexona jadul ini?

6. Pasta Gigi

(istimewa)

Simple banget ya guys iklan Pepsodent jaman dulu. Tapi, tetep keliatan klasik banget yaaa!

7. Sepatu

(istimewa)

Ini iklan sepatu merk Bata waktu dulu. Ada yang tahu nggak kalau sekarang harga-harga sepatu itu sudah berapa rupiah ya?

8. Poepoer

(istimewa)

Pasti nggak tahu deh poepoer itu apa, iya kan? Poepoer itu nama lain bedak pada saat itu. Kalo dilihat dari iklannya sih, kayaknya bedak ini laku keras deh sama ibu-ibu biar suaminya makin cinta hahahaha. Beneran bikin suami makin cinta nggak ya?

9. Biskuit

(istimewa)

Kok namanya agak serem gitu ya, guys?. Kayanya ini biskuit sakti deh guys, lihat saja tuh katanya bisa menghilangkan segala macam penyakit. Semoga saja nggak meledak ya guys pas biskuitnya dibuka.

10. Rokok

(istimewa)

Rokok di jaman dulu memang banyak banget jenisnya, laki-laki ataupun perempuan juga umumnya punya kebiasaan merokok waktu itu jadi nggak heran iklan-iklannya juga bertebaran dimana-mana. Tapi, rokok ini sepertinya dikhususkan untuk orang-orang kalangan atas deh, guys.

11. Sabun Mandi

(istimewa)

Kalau sekarang giliran sabun mandi yang eksis nih, guys. Kayanya hampir semua orang pernah pakai sabun lifebuoy ini ya?. Tapi, jaman dulu sabun ini juga bisa menghilangkan rasa lelah lho! Sakti-sakti banget ya guys produk jaman dulu?

12. Pasta Gigi

(istimewa)

Nah, ini nih pasta gigi yang tanpa sadar merknya masih terus kita sebut walau ternyata kita salah. Odol ini sebenarnya merupakan sebuah merk pasta gigi. Jadi, buat kalian yang kemarin-kemarin masih nyebut pasta gigi dengan Odol, cepet-cepet diganti ya biar nggak salah sebut lagi. Lagipula, kalau kalian mintanya Odol kan sudah susah didapetinnya:(

13. Jamu Tjap Djago

(istimewa)

Namanya Djamu Tjap Djago, hmmm kayaknya memang jagoannya jamu waktu dulu ya, guys.

14. Jamu Habis Beranak

(istimewa)

Nah, kalo yang satu ini jamu buat wanita-wanita yang habis melahirkan. Katanya bisa mengembalikan cahaya-cahaya wajah lho.

15. Susu

(istimewa)

“Susu amis tuh maksudnya gimana sih? Susunya bau amis?”¬†Hahahaha bukan kok, guys. Susu amis itu artinya susu manis, amis itu bahasa sundanya manis. Iklan susu ini memang keseluruhannya memakai bahasa sunda.

16. Celana Dalam

(istimewa)

Nah, iklan yang satu ini adalah iklan jaman dulu yang paling konyol. Setuju nggak guys? Mendingan langsung kalian baca aja deh keterangan iklannya. Hahahahaha.

Ternyata iklan-iklan jaman dulu gak kalah kreatif ya, guys. Tak jarang keterangan yang ada di iklan-iklan tersebut, menjadikan barangnya kayak barang sakti. Nah, iklan jadul yang mana nih yang jadi favorit kalian?

Leave A Reply

Your email address will not be published.