Bincang-Bincang Dengan Komunitas Penunggang “Raja Jalanan”

822

Tiga reporter Arteri News, yakni Nur, Denis, dan Bewok, berkumpul di ruang redaksi Arteri, Kembangan, Jakarta Barat, Rabu siang, 19 September 2019. Mereka mendiskusikan materi dan teknis liputan tentang komunitas pengendara motor RX-King.

Agenda liputannya sendiri berlangsung malam harinya, tepat pukul 19.30 WIB. Ada tiga komunitas RX-King yang mereka liput. Pertama ada Sahabat RX-King Independen (SRKI). Kedua ada komunitas RX-King Pakistan dari Tasik Selatan. Ketiga ada Solidaritas King Club Rawamangun (SKCR).

Tim dan pihak komunitas janjian di Mall Arion, Rawamangun, Jakarta Timur. Pukul 17.00 WIB, Nur dan kawan-kawan meluncur ke Arion, dan samapi sekitar pukul 19.00 WIB. Tim lalu menunggu di persimpangan jalan sambil menikmati kopi panas.

Tak lama, pria bertubuh tambun datang menghampiri Tim. Ia adalah Irwan, Ketua SRKI yang tiba dengan tunggangan kesayangannya, motor RX-King. Tanpa basa-basi, Irwan langsung mengajak Tim bergegas ke basecampnya yang tak jauh dari tempat penjemputan.

Sesampainya di lokasi, Tim disambut dengan hangat oleh anggota komunitas yang sudah berkumpul. Mereka yang awalnya duduk melingkar, lekas berdiri dan menyalami Tim satu-persatu. Suguhan berupa kopi panas dan makanan ringan jadi sajian yang mereka berikan kepada Tim.

Usai menyicipi hidangan itu, Tim lalu bergerak mempersiapkan hal teknis untuk interview. Tanya-jawab lalu dimulai. Pembahasan interview tak lain tentang komunitas dan kendaraan yang dijuluki raja jalanan. Sesi tersebut berlangsung cukup seru dengan durasi kurang lebih satu setengah jam.

Mau tahu bagaimana perbincangan antara Tim Arteri dan ketiga komunitas RX-King ini? Kalau begitu simak saja langsung tanya-jawabnya di bawah ini:

Malem bang, bisa perkenalkan gak sebelumnya siapa aja nih namanya?

Saya dengan   dari komunita SKCR  ( Solidaritas King Club Rawamangun )

Saya dengan Irwan dari komunitas SRKI ( Sahabat Rx King Rawamangun )

Saya Tio dari Komunitas PAKISTAN ( Tasik Selatan )

Ini Lagi pada Kopdar bang ?

Irwan :  Kebetulan kita lagi pada kopdar ni, gabungan dari 3 club yang ada.

Awalnya emang suka pada pada nongkrong bareng atau emang udah sering bang kopdar begini?

Irwan : Kita sendiri disini rutinitasnya setiap malem minggu kita pasti mengadakan kopdar, baik itu masing- masing per klub atau kita sering gabungan, untuk mempererat tali silahturahmi sesama rider RX-Kingterutama Jakarta Timur.

Bang ini bisa gak ni bang ceritain satu- satu  awalnya gimana terbentuk nya komunitas ini bang ?

Pelay : saya ikut di Bogor ya, saya ikut club yang disana selama setahun, lalu saya pindah ke Jakarta, di akarta saya tinggal di rawamangun, akhirnya saya ada ketemu bang irwan , saya deket dengan beliau, mungkin saya kenal beliau waktu saya masih di Bogor juga, dan pada akhirnya Alhamdulilah saya punya temen untuk membuat club, kebetulan emang club kita ini pendirinya kebetulan pendiri SRKI ( SAHABAT RX KING INDEPENDEN RAWAMANGUN )  dari bang Irwan sendiri, akhirnya terbentuklah SKCR ( SOLIDARITAS KING CLUB RAWAMANGUN ).

Ini dari tanggal berapa bang awal berdiri nya ? 

Pelay : 19 Febuari 2019.

Untuk bang Irwan sendiri bagaimana ?

Irwan : Kalau untuk SRKI itu saya dirikan di tanggal 29 May 2017, tepat nya awal berdirinya SRKI itu ya salah satu nya dari kesamaan hobi para penunggang riderRX-King, ya awal bertemu nya anggota- anggota saya itu bermacam macam si, dari yang awal nya cod an pembelianan spare part motor,  sampe ya kita sering kumpul di acara- acaraRX-King,  itulah yang membuat saya tergerak untuk membuat sebuah club yang saya beri nama SRKI yaitu Sahabat Rx King Independen Rawamangun, nah itulah awal mulanya SRKI itu saya bentuk, ya Allhamdulilah sudah mau berjalan 2 tahun setengah

Untuk Abang Tio Sendiri bagaimana ?

Tio : Pakistan( TASIK SELATAN )  berdiri 8 Agustus 2015, itu si kalau club nya kalau saya si tergabung masih baru, untuk misi nya si saya hampir sama degan yang lain ya sama karena Hobi terbentuklah seperti ini.

Bang selain karena Hobi yang sama, bisa gabungan gini, biasanya kan dimana mana komunitas itu biasa nya satu nama satu, tapi ini unik ni, 3 komunitas jadi 1 kopdar bareng ?

Irwan : ya kita kadang komunitas RX-Kingitu, terutama yang di Jakarta Timur, kebetulan SRKI dan SKCR itu berada di satu wilayah yang sama di Jakarta Timur, nah kita mengadakan rutinitas persebulan sekali mengadakan kopgab yang di singkat itu kopdar gabungan, jadi yang nama naya kopdar gabungan itu kita tidak hanya satu club, kebetulan disini kita ada kedatangan sedulur  ( saudara ) om Tio dari pakistan Tasik Selatan ,ya maka nya yaudah kita jadikan satu kopdar bareng disini, yaitu ada SRKI, SKCR om Pelay dengan Anggota nya, Om Tio dari Pakistan Tasik dengan anggotanya.

Ini emang rutin apa kedepan nya atau bakal sesempetnya aja bang ?

Irwan :   kalau kita pribadi si disini rutin , untuk malem minggu nya kita pasti rutin mengadakan kopdar, sudah ada jadwal nya,

Bang bisa ceritain gak ni pengalaman – pengalaman di jalan, nama nya nya motor RX-Kingkan image nya tau sendiri lah ya berisik atau hal negative lain nya.

Irwan: dari pengalaman pribadi saya, yaitu dengan merambah nya komunitas RX-Kingdi nusantara ya, baik itu club –club atau warga yanga ada , kita tujuan visi dan misi kita yaitu untuk menghilangkan image RX-Kingitu brutal, ya mungkin segelintir orang banyak yang mengganggap RX-Kingitu berisik, mungkin motor copet, maka nya kita dirikan komunitas- komunitas RX-Kingnusantara, terutama di Jakarta Timur ini yaitu kita ingin, mengubah stigma orang megenai image RX-Kingitu brutal, bahwa dengan RX-Kingitu kita bersaudara, kita bisa menolong satu sama lain, gak hanya dengan riderRX-King, dan kegitan kita di sini di isi gak hanya kongkow- kongkow nongkrong gak, kita disini juga ada rutinitas yang kita gelar seperti baksos, salah satu contoh nya saya ambil yaitu waktu saudara kita di Papua mengalami gempa, tsunami di serang Banten, jadi saya sendiri yang menggerakan  di Jakarta Timur ini, beberapa club untuk galang dana turun ke jalan, jadi ya untuk mengubah pandangan orang yang dulunya RX-Kingbrutal, ya Allhamdulilah sekarang di kalangan masyarakat RX-King  udah banyak di terima.

Tapi gak pernah ada kaya ini bang, kaya di sirem air, gitu di jalan kaya woy berisik woy, ?

Irwan :Allhamdulilah si gak , ya kadang bagaimana dia mau siram , kadang denger suara RX-Kingaja mereka udah kabur,

Bang turing kan biasanya jauh ni ya bang, itu ada gak ni kaya standar operasional berkendara ni, kaya misal nya kan kaya banyak ya RX-Kingspion gak lengkap ?

Tio :Helm, surat-surat lah yang utama, kelengkapan-kelengkapan nya, kunci- kunci yang utama , takut ada trauble di jalan, kalau untuk pribadi kaya helm , sarung tangan , jaket, sepatu, masker.

Kalau untuk perawatan nya sendiri bagaimana ni bang ?

Pelay :Kalau utnuk perawatan di RX-Kingitu sangat simpel kok, simpel nya kenapa ya, diRX-King itu, tapi sekarang si spare part nya itu lagi mahal kak, dan harga motor nya juga sekarang lumayan tinggi, trus mungkin dari perawatan mesin, semacem ganti oli aja , kita ada yang sampe 5 bulan dan ada yang sampe 1 tahun juga , ganti oli mesin, ya tergantung perawatan nya si.

Di RX-King Ini Sendiri ada bisnis nya gak si bang kaya Jual beli RX-King, atau kan nama nya barang antik ya , itu rate harga  nya kira- kira berapa tuh bang ?

Pelay : spare part yaRX-King, mungkin yang segelintir ada yang penjual nya khusus , kadang – kadang kan ada yang pedagang yang barang nya ori, bekas tapi  masih layak pakai masih bagus, harga  ya ya lumayan ya masih tinggi .

Untuk bisnis motor sendiri ada gak , dari kalian tuh yang emang selain dari komunitas ini yang udah terbangun pasti banyak lah, yang pengen punya notor RX-King dan berminat untuk jual beli.

Pelay :kita paling bantu ya, kita untuk jual beli motor kita gak ada , kita paling banu temen , kalau ada yang mau jual motor RX-Kingmungkin nanti kita cari, gitu kan ke temen- temen club lain kali aja ada yang mau  jual motor nya.

RX-Kingitu kisaran berapa si bang harga nya, ?

Irwan :  kalau RX-Kingitu , kalau di bilang bisnis nama nya kita berkomunitas, di bilang bisnis pasti sedikit nya ada, karna kan kita tujuan nya di sini bukan bisnis, kita menolong, dalam artian menolong karna jujur , utnuk RX-Kingsendiri itu sudah tidak di terbitkan lagi, karna dia di produksi oleh pabrikan yamaha Jepang terkahir tahun 2009, yaitu RX-Kingudah di stop karna ada uji emisi dari pemerintah yang melarang untuk 2 tak melintas , dan pada akhirnya hal-hal seperti itu sudah tidak ada kebenaran nya, akhir nya di perbolehkan lagi , maka nya di sinni kita selaku komunitas, yang tadi nya motor- motor itu sudah di anggap punah, di anggap langka, kita selaku komunitas kita coba bangun lagi RX-King, dengan yang tadi nya mungkin sudah hanya di geletakin aja di sudut rumah, kita coba bangun , kita coa hidupkan lagi, ya itu mugnkin dari situ rk king coba kita bangun , dan untuk penjualannya sendiri range harga  nya tergnatung kondisi ya mbak, karna di sini kita tidak bisa meyebutkann nominal karna balik lagi di sini kita hobi, terakhirRX-King jujur itu nominal harga nya terjual sampai 100 juta, itu kebetulan orang madura sendiri yang beli, terakhir itu dari jawa di boyong ke Tanggerang itu senilai kurang lebih senilai 75 juta. Itu pu dari yang caloin dia udah dapet untung .Nah maka nya kalau di tanyan range harga RX-Kingberapa tergantung minat seseorang yang ingin membeli hobi sama kondisi motor nya tersebut, ya jadi bisa dibilang sekarang harga RX-Kingcukup tinggi .karena ada ke antikan dan hobi di dalam nya.

Bang untuk jadi Anggota nya sendiri itu cara nya bagaimana si ? maksud nya orang luar boleh masuk gak si ? dan khusus nya tuh seperti apa ya supaya bisa masuk komunitas ini ?

Irwan : kalau di SRKI pribadi mah untuk menjadi anggota SRKI itu mah kita cukup simpel ya, satu kita harus ada kesamaan hobi, yaitu penunggng riderRX-King, yang pertama dia pasti punya motor RX-King ya mbak ya, ya gak mungkin dia dateng kesini ya dia masuk kesini dia jalan kaki , ya minimal dia ada, dan kita pun di sinni masuk nya gka ada dimpungut biaya ya, di sini free ya, kita di sini tidak ada pungutan biaya , cukup dengan satu hobi kita , ya hadir setiap kopdar kkia dan yang pasti masing- masing club itu beda ya tata cara merekrut nya. Kalau di SRKI itu jujur kita tekan kan dari awal saya buat  club SRKI itu kita anti miras dan alcohol.

Bang ini ada media sosial kah kaya facebook, instagram , supaya yang berkomunikasi jarak jauh itu tetap terjaga ? mungkin dari bang SKCR dulu ni bang ?

Pelay :   facebook nya mungkin SKCR KING CLUB RAWA MANGUN , Kalau instagram yang buat anggoa saya belum tau.

Kalau bang irwan ?

Irwan :  kalau medsos dari kami itu untuk di eksternal nya kita ada facebook cukup di klik aja SRKI Sahabat RX-King  Indonesia  sudah pasti muncul ya, dengan logo kami, untuk instagram nya pun kita punya, cukup SRKI Jakarta, untuk internal nya didalam nya pun kita punya grub yaa mbak, karena untuk menjalin silahturami untuk club , mengenai perawatan motor kita ada grub whatsapp nya,

Kalau bang tio sendiri komunitasnya ada gak media sosial nya, ?

Tio   :  media sosial nya paling per anggota nya aja .

Bang masing – masing punya anggota berapa si bang ?

Irwan  :  Kalau SRKI sendiri anggota saya gak terlalu banyak ya mbak , karena kita disni hanya menjalin silahturahmi bukan mencari anggota, kalau di SRKI sendiri total sekarang kurang lebih 18 angota, itupun terpisah kita punya chapter di Banjar , dan kita di Jakarta pun anggota kita gak satu wilayah,  untuk SRKI sendiri kami punya base cam 2 , di sini ini base came pusat kami di Rawamangun, kami juga punya chapter di Jakarta Selatan Di Pasar  Minggu, itu kami juga punya beberapa anggota di sana , total anggota kami gak banyak kurang lebih 18 anggota.tapi kami gak menutup kemungkinan untuk membuka bagi siapa saja yang ingin bergabung dengah kita menjalin silahturahmi.

Bang pesan – pesan untuk buat para rider RX-King di luar ada gak bang ?

Irwan :  kalau pesan – pesan saya si , untuk penunggang rider RX-Kingtetap menjaga silahturahmi dimanapun berada, baik kita kumpul seperti ini , ataupun kita ketemu di jalan, tetap kita saling tegur sapa, karena biar bagaimana kita satu hobi kita satu tunggangan  rider yaituRX-King, dan ya untuk pemgendara RX-Kingpesan saya ya tetap savety riding, di lengkapi dengan surat surat kendaraan, helm,  , sepatu saat turing , bahkan kelengkapan – kelengkapan yg lain lain seperti spion, , dan hormati pengguna jalan yang lain , dan jangan berantem di jalan.

Selain ketua klub, tim juga sempat mewawancarai anggota dari tiga komunitas tersebut, yakni Latif, Udin, dan Dodi. Berikut percakapannya:

Dari pak Latief dari kapan ni pak bergabung dI SKCR ?

saya bergabung di SKCR dari awal di bentuk dari yaitu di bulan 2 tanggal 19, saya Allhamdulilah sebagai penasihat.

Kesan – kesan nya selama di SKCR itu ada gak pak ?

kesan- kesan nya yang penting kita solid, ada masalah apapun kita rembukan bareng- bareng jangan sampe selisih paham.

Pengalaman bapak ni , yang paling menyenangkan , atau menyedihkan di SKCR ada gak pak ?

ya menyenangkan lah, yang tadi nya gak punya temen sekarang punya temen, yang lain ada kenal .

Untuk Bang Udin sendiri ini dar kapan bergabung SRKI ?

Kalau saya pribadi si lumayan lama saya kurang lebih 2 tahunan .

Itu bagaimana bang kesan – kesan nya masuk komunitas SRKI ?

ya saya pribadi si , yang pasti banyak teman , senang sekali, kena queen banyak, di sini banyak cewe cewe juga komunitasRX-King, dan ada lagi yang paling berkesan , walaupun kita turing jauh banyak traube, kita walaupun beda club, kita tetap saling menolong, nah itu yang paling saya suka dalam komunitasRX-King, terutama srki.

Emang  biasa nya turing paling jauh udah sampe mana ni bang ?

ya Allhamdulilah saya sudah sampai Lampung. Dan kebetulan saya humas internal di club ini.

Nah ini kalau bang Dodi dari club Pakistan ya dari kapan bang bergabung ?

saya dari bergabung dari awal di bentuk nya komunkitas ini.

Buat bang Dodi kesan nya masuk komunitas ini apa bang ?

ya udah di sebutin si semua nya, Hampir sama karena kesamaan hobilah kita jadi bareng-bareng di komunitas ini.

Ada kesan tersendiri gak bang atau pengalaman – pengalaman buruk mungkin , tadi kan penalam nya pada baik – baik ni ?

ya paling pengalaman buruk ya kalau lagi ada trauble.

ini biasa nya tauble apa bang, ?

ya paling sebangsa kopling putus di jalan ketika turing .

Kalau begitu biasa nya solusi nya bagimana itu bang?

ya paling minta yang terdekat nyamperin, club lain kan samakita kan ibarat nya club itu gak membedakan club siapa –siapa sama – sama king saling menolong.

Untuk bang Dodi sendiri gak ada kesan- kesan negative nya bang ? seperti ada senioritas ni bang ?

gak ada si , walau pun baru tetep gabung sama sama di club ini.

(NUR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.